Bantu UMKM, GoPay Berikan Pendampingan Pada Ribuan Pengusaha Mikro

Teletech – Melanjutkan komitmen untuk menghadirkan dampak sosial lewat teknologi, GoPay memberikan pendampingan untuk pengusaha mikro. Lewat Forum Pedagang Baik, GoPay membantu pengusaha mikro untuk mengembangkan dan mengelola bisnisnya. Melalui program ini sendiri, GoPay menargetkan ribuan rekan usaha mikro di seluruh Indonesia bisa ikut dilatih.

Forum Pedagang Baik ini merupakan program yang terinspirasi dari Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang dihadirkan Gojek untuk mitra driver. Sejauh ini, Forum Pedagang Baik sendiri telah dilaksanakan di 7 tempat di Indonesia. Dan, berdasarkan hasil survei yang diikuti peserta forum ini, sebanyak 90% merasa program ini telah membantu mereka dalam mencatat keuangan dan mengembangkan usahanya.

“Lewat pengalaman GoPay membantu 380.000 mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengembangkan bisnisnya, kami sangat memahami pentingnya pendampingan langsung serta wadah bagi para pelaku UMKM untuk belajar. Mengenalkan metode transaksi nontunai saja tidak cukup, tapi harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai teknologi digital agar dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka,” ujar Dewi Yulianti Rosa, Head of Micro Merchant GoPay.

Inisiatif ini diharapkan mampu menjadi langkah mendukung inklusi keuangan dan penciptaan ekonomi digital di Indonesia. Tidak hanya memberikan edukasi kepada masyarakat, GoPay juga dapat memperluas jangkauan layanannya. Tidak hanya pada sektor makanan dan minuman, namun juga membuka akses bagi UMKM menuju produk dan jasa keuangan lainnya.

Edukasi keuangan adalah salah satu pilar dari Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang diluncurkan pemerintah Indonesia pada tahun 2016. Pelaku UMKM adalah salah satu kelompok yang diprioritaskan strategi tersebut. “Saya belajar bagaimana mengelola usaha kecil saya dengan memanfaatkan teknologi. Saya sekarang jadi lebih paham bahwa transaksi nontunai bukan sekadar metode pembayaran tapi juga bisa membantu saya untuk mengelola pendapatan dan memiliki pencatatan arus kas yang lebih baik,” pungkas Widi, pengusaha mikro yang mengikuti Forum Pedagang Baik.

Baca Juga :  Ambil Komitmen, Do It Ikut Gerakkan Ekonomi Daerah