Samsung Yakinkan Apple, Untuk Gunakan Panel OLED di iPhone Pro 2020

Teletech – Samsung sukses meyakinkan Apple untuk menggunakan panel Y-OCTA OLED. Raksasa teknologi yang bermarkas di Seoul, Korea Selatan (Korsel) itu akan menjadi pemasok eksklusif untuk iPhone 5,4 inci dan 6,7 inci.

Dilansir dari GSM Arena, teknologi Y-OCTA menggunakan on-cell touch sensing, sehingga tidak memerlukan lapisan touch-sensitive secara terpisah. Ini membuat panel layar lebih tipis dan murah untuk diproduksi.

Menurut ETNews, Samsung adalah satu-satunya perusahaan yang dapat memproduksi panel semacam itu secara massal pada skala yang dibutuhkan Apple. Bahkan, hasil ini kemungkinan menjadi alasan kesepakatan tersebut tidak terjadi lebih cepat.

Pada 2018, iPhone dikabarkan bakal menggunakan panel Y-OCTA. Namun, raksasa teknologi asal Negara Paman Sam itu dilaporkan batal menggunakannya karena tidak senang dengan hasil tersebut.

Meski begitu, Apple diharapkan akan meluncurkan dua ponsel lagi pada tahun depan, yakni iPhone SE 2 menggunakan LCD 4,7 inci, dan iPhone 12 non-Pro dengan OLED 6,1 inci.

Berbeda dengan model Pro, Apple akan mencari panel OLED untuk iPhone 12 dari Samsung dan LG. Ini berarti tidak ada on-cell touch untuk ponsel 6.1 inci dan BOE kemungkinan keluar sebagai pemasok potensial.

Diketahui, Samsung telah menggunakan panel Y-OCTA di ponselnya sendiri sejak Galaxy Note7. Galaxy S8 juga beralih ke panel Y-OCTA. Sayangnya, Galaxy S8+ malah terjebak dengan panel lawas.

Komentar Anda
Baca Juga :  2021 iPhone Akan Hadir Dengan Face ID dan Touch ID