WhatsApp Kabarkan Enam Kerentanan Yang Tak Pernah Terungkap

Teletech – Layanan pesan milik Facebook, WhatsApp, mengungkapkan enam kerentanan yang sebelumnya tidak pernah diungkapkan, dan saat ini sudah diperbaiki oleh perusahaan.

WhatsApp menyebut lima dari enam kerentanan telah diperbaiki pada hari yang sama, sedangkan bug yang tersisa membutuhkan beberapa hari untuk diperbaiki. Meskipun beberapa bug dapat diaktifkan dari jarak jauh, WhatsApp tidak menemukan bukti peretasan.

Sekitar sepertiga dari kerentanan baru dilaporkan melalui Bug Bounty Program Facebook, sementara yang lain ditemukan dalam tinjauan rutin dan dengan menggunakan sistem otomatis.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia, dengan lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia. Tapi, aplikasi itu juga menjadi target bagi peretas, yang mencoba menemukan dan mengeksploitasi kerentanan di platform tersebut.

Kerentanan tersebut diungkapkan melalui unggahan pada laman keamanan WhatsApp. Laman keamanan baru yang berisi nasihat bagi pengguna tersebut dirilis sebagai bagian dai upaya WhatsApp untuk lebih transparan tentang kerentanan yang menargetkan aplikasinya, dan sebagai tanggapan atas komentar pengguna.

WhasApp mengatakan komunitas pengguna meminta lokasi terpusat untuk melacak kerentanan keamanan, karena WhatsApp tidak selalu dapat merinci nasihat keamanannya dalam catatan rilis aplikasi karena kebijakan toko aplikasi. Laman keamanan tersebut akan diperbarui setiap bulan atau lebih cepat untuk memperingatkan pengguna tentang serangan aktif.

Kami sangat berkomitmen terhadap transparansi dan sumber daya ini untuk membantu komunitas teknologi yang lebih luas mendapatkan keuntungan dari kemajuan terbaru dalam upaya keamanan ini. Kami sangat menganjurkan semua pengguna untuk memastikan mereka selalu memperbarui WhatsApp mereka dari toko aplikasi masing-masing dan memperbarui sistem operasi seluler mereka setiap kali pembaruan tersedia – tulis WhatsApp pada laman keamanan tersebut.

Baca Juga :  Kolaborasi Dengan Mitranya, Lenovo Partner Hub