ASUS Proart StudioBook Pro 17 Untuk Desainer dan Fotografer

 

Teletech – ASUS baru saja memperkenalkan jajaran laptop StudioBook Pro 17 di Indonesia. Laptop ini ditujukan bagi mereka para video atau photo editor professional yang membutuhkan laptop bertenaga serta audio dan layar yang presisi.

Desain Menarik

Desain dari ProArt StudioBook Pro 17 menurut kami sangatlah elegan. Desainnya sedikit mengambil inspirasi dari jajaran laptop ROG, namun tampil jauh lebih elegan dan terkesan sangat profesional.

Semua bagian dari body dari ProArt StudioBook Pro 17 menggunakan material metal. Hal ini membuat laptop ini terasa sangat kokoh, yang membuat kami rasanya tak takut untuk membawanya kemana-mana.

Di bagian palm rest terdapat desain garis melintang yang membuat telapak tangan kami tak licin saat menggunakannya. Keyboardnya empuk dan memiliki LED berwarna putih untuk memudahkan kami saat menggunakannya di keadaan cahaya redup.

Trackpad-nya pun cukup besar dan responsif. Selain itu, terdapat juga NumberPad yang dapat diaktifkan dengan menekan bagian kanan atas trackpad selama 1 detik untuk menyalakan atau mematikan NumberPad-nya.

Meski terbuat dari metal, namun bobot dari laptop ini masih masuk akal. Beratnya hanya 2,39Kg, dimana lebih ringan dari laptop gaming pada umumnya. jadi, kami masih cukup merasa nyaman untuk membawa laptop ini.

Urusan ketebalan, laptop ini juga merupakan salah satu laptop dengan GPU NVIDIA Quadro tertipis di pasaran. Ketebalannya hanya 18,4 mm sehingga dapat masuk ke tas tanpa membuat tas penggunanya menggelembung.

ASUS Proart StudioBook Pro 17 juga memiliki desain layar yang sangat cantik. Bezelnya sangat tipis di sisi kiri, kanan, serta atas. Namun, di bawah memang terdapat sebuah bezel yang cukup lebar. Tapi, pengguna juga akan mendapatkan kamera di bagian bezel atas meski hadir dengan ukuran yang mengejutkan.

Baca Juga :  Huawei Nova 7, Setingkat Diatas Nova 5T Yang Meluncur Tahun Lalu

Engsel layar dari laptop ini sangat kokoh, sehingga kami dapat memberhentikan layar di sudut manapun. Selain itu, kami juga dapat membuka layarnya hingga 180 derajat alias rata dengan permukaan meja.

Meski tipis dan ringkas, laptop ini memiliki daya tahan yang sangat baik. Bahkan, untuk jajaran laptop ini sudah mendapatkan sertifikasi military grade sehingga kalian dapat dengan percaya diri membawa laptop ini kemana-mana.

Layar dan Suara Bagus

Untuk layar, ASUS menggunakan panel IPS WUXGA 17 inci dengan resolusi layar 1920×1200 pixel untuk ProArt StudioBook Pro 17. Mereka menggunakan resolusi tersebut dikarenakan layar ini memiliki aspek rasio 16:10 yang sangat lebar.

Panel layar ini memiliki 8 bit color yang juga sudah dikalibrasi oleh ASUS, sehingga memiliki sertifikasi akurasi 97 persen DCI-P3 color gamut serta memiliki sertifikasi akurasi Delta-E kurang dari 1.5. Laptop ini juga sudah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated.

Layarnya pun sudah dilengkapi lapisan anti glare yang mampu meminimalisir pantulan cahaya yang akan membuat akurasi warna layar berkurang. Tak ketinggalan, layar dari ASUS Proart StudioBook Pro 17 dapat dilihat hingga sudut 178 derajat.

Dan yang paling penting, layar dari laptop ini bisa dikalibrasi oleh para penggunanya. Biasanya, para profesional memiliki pengaturan layar mereka sendiri, jadi ASUS pun menyematkan fitur ini. Tapi, pastikan kalian memiliki alat kalibrasi sendiri untuk melakukan hal ini ya.

Sedangkan untuk audio, mereka menggunakan sistem audio ASUS SonicMaster Premium. Selama pengujian, kami terkesima dengan hasil suara yang dihasilkan. Tidak ada distorsi suara sedikitpun saat kami mendengarkan lagu di volume 100 persen.

Konektivitas Mumpuni

Urusan konektivitas, ASUS Proart StudioBook Pro 17 juga memiliki jajaran I/O yang sangat lengkap. Di sisi kanan terdapat dua buah USB 3.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan dengan perangkat eksternal.

Baca Juga :  Samsung Galaxy A51, Referensi Tools Untuk Fotografi dan Videografi

Sedangkan di sebelah kiri terdapat satu USB type-C 3.1 gen 2 yang sudah mendukung thunderbolt 3. Selain dapat menghadirkan kecepatan transfer 40 GB/s, port ini juga mendukung DisplayPort 1.4.

Selain itu, kita juga akan menemukan sebuah HDMI 2.0b, serta satu USB 3.1 gen 2 yang mendukung kecepatan hingga 10GBps. Dan yang tak ketinggalan adalah hadirnya sebuah slot SDCard yang mendukung SD 4.0 dan UHS-II dengan kecepatan transfer 312 MBps.

Dan jika berbicara mengenai konektivitas nirkabel, laptop ini juga memiliki pilihan yang sangat baik. Terdapat Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0 di dalam laptop ini.