Huawei Nova 7, Setingkat Diatas Nova 5T Yang Meluncur Tahun Lalu

Teletech – Bisa dibilang Huawei Nova 7 adalah ponsel penerus Nova 5T yang diluncurkan oleh Huawei pada tahun lalu. Sebagai sang penerus, tentu saja Nova 7 dilengkapi dengan spesifikasi teknis yang lebih andal seperti kamera utama belakang yang kini beresolusi lebih tinggi 64 MP. Sebagai pembanding, Nova 5T dilengkapi dengan kamera belakang 48 MP.

Meski demikian, baik Nova 7 dan Nova 5T sama-sama dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera di bagian belakangnya. Dari segi performa, Nova 7 yang berada di tangan saya ini dilengkapi dengan prosesor Kirin 985 yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB serta penyimpanan internal 256 GB.

Desain

Menilik desainnya, Nova 7 sepintas tidak jauh berbeda dengan Nova 5T. Namun, ukuran layar Nova 7 agak lebih besar 6,53 inci, dibandingkan dengan Nova 5T yang memiliki layar 6,26 inci. Perbedaan yang paling signifikan dalam hal layar adalah bahwa Nova 7 kini menggunakan panel berbasis OLED, sedangkan Nova 5T masing menggunakan teknologi IPS.

Dengan demikian, performa layar Nova 7 jauh mengungguli Nova 5T dari segi kontras, kecerahan warna, saturasi warna, bidang pandang, dan lain-lain. Karena Nova 7 dilengkapi dengan teknologi panel OLED, maka ponsel terbaru dari Huawei ini mengusung sensor sidik jari di layar. Sebagai informasi, karena masih menggunakan panel LCD maka sensor sidik Nova 5T tidak ada di layar. Huawei melengkapi sensor sidik jari ponsel tersebut menjadi satu dengan tombol daya.

Berbicara seputar tombol daya, tombol ini terdapat pada sisi kanan Nova 7 bersamaan dengan tombol volume. Tidak ada tombol apapun di sisi kiri ponsel ini. Sedangkan pada sisi bawah Nova 7 ada tray kartu SIM. Tray ini hanya menawarkan kamu untuk memasang dua kartu SIM sekaligus, tetapi tidak ada slot untuk memasukkan kartu memori eksternal. Artinya, memori penyimpanan Nova 7 tidak dapat diekspansi.

Baca Juga :  Samsung Galaxy A51, Referensi Tools Untuk Fotografi dan Videografi

Masih pada bagian sisi bawah, di sini ada pula port USB-C, mikrofon, dan lubang untuk speaker. Tidak ada port apapun di bagian atas. Sama seperti pendahulunya, Nova 7 juga tidak dilengkapi dengan port jack 3.5 mm. Meski demikian, kamu tetap dapat mendengarkan musik menggunakan earphone dengan jack 3.5 mm karena Huawei menyediakan adaptor jack 3.5 ke USB-C di dalam kemasannya. Selain itu, ada pula earphone dengan USB-C dalam kemasan tersebut.

Kebetulan warna Nova 7 yang saya ulas di sini adalah Midsummer Purple. Saya menyukai warna ini karena seluruh bagian belakangnya terdapat logo ciri khas Huawei Nova, yang mana memiliki keunikan tersendiri. Housing keempat kamera Nova 7 kini lebih besar jika dibandingkan dengan Nova 5T. Modul Nova 7 sepintas mirip dengan dengan Huawei P40 Pro. Meski demikian, tonjolan kamera belakang Nova 7 tidak setebal Huawei P40.

Kamera depan Nova 7 dilengkapi dengan resolusi 32 MP. Lokasi kamera depan ponsel ini terdapat di pojok kiri atas dengan desain yang disebut Huawei sebagai Punch FullView Display. Bezel yang ditampilkannya pun cukup tipis, sehingga hampir mirip dengan seri flagship Huawei P40. Tidak ketinggalan pula area NFC di bagian belakang Nova 7 yang berfungsi salah satunya untuk mengisi uang digital.

Kamera

Nova 7 dilengkapi dengan konfigurasi empat kamera di belakangnya. Kamera utama ponsel ini dibekali dengan sensor beresolusi 64 MP. Jika kamu ingin memotret bidang pandang yang lebih luas, ada lensa ultra lebar dengan resolusi 8 MP. Selanjutnya ada lensa telefoto yang memungkinkan kamu memotret zoom optik 3x beresolusi 8 MP. Terakhir ada lensa makro dengan resolusi 2 MP.

Kamera Nova 7 adalah performa Auto Focus (AF) yang dimilikinya. Kualitas AF ponsel ini dapat diandalkan baik di kondisi luar ruangan maupun dalam ruangan. Titik fokus secara akurat dapat dipilih meskipun tangan saya bergerak. Titik fokus juga dapat terdeteksi cukup akurat hampir di seluruh frame.

Baca Juga :  ASUS Proart StudioBook Pro 17 Untuk Desainer dan Fotografer

Mode HDR

Mode malam atau Night Mode yang ada di kamera ponsel Nova 7 juga memiliki kinerja yang apik. Saat saya memotret kolam menggunakan mode tersebut di malam hari dengan minim penerangan sekitar, hasilnya sangat memuaskan. Tidak ada pergeseran warna pada masing-masing subjek. Kualitas white balance-nya pun terlihat akurat. Tekstur yang dihasilkannya terlihat jelas dan hasil keseluruhannya terang. Namun untuk mode malam terdapat beberapa gangguan nois.