Intel Rilis Prosesor Tiger Lake Generasi Ke-11

Teletech – Intel resmi merilis prosesor Tiger Lake versi generasi ke-11 dari chip andalannya. Intel mengklaim generasi ke-11 ini menawarkan prosesor terbaik untuk laptop yang tipis sekaligus ringan.

Intel meluncurkan sembilan desain generasi ke-11 ini untuk seri U (yang kini disebut Intel sebagai UP3) dan chip seri Y (alias UP4), dipimpin oleh Core i7-1185G7, yang menawarkan kecepatan dasar 3.0GHz, dorongan turbo inti tunggal maksimum hingga 4,8 GHz, dan peningkatan semua inti maksimum hingga 4,3 GHz.

Generasi ke-11 ini juga menampilkan versi paling kuat dari grafis terintegrasi Intel Iris Xe, dengan 96 CU dan kecepatan grafis maksimum 1,35GHz. Deretan generasi ke-11 ini masih dibangun di atas node 10nm, serupa dengan model Ice Lake generasi ke-10, tapi ditingkatkan ke arsitektur Willow Core dengan desain SuperFin 10nm, yang menurut Intel akan menawarkan kecepatan yang lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Intel bertaruh besar pada grafis Xe terintegrasi barunya itu, yang menampilkan kemampuan grafis terbaru dengan kinerja frame-rate yang diklaim lebih baik daripada chip kompetitor, dari Nvidia dan AMD. Terbaru lainnya adalah dukungan tampilan HDR 8K, bersama dengan opsi untuk menggunakan hingga empat layar HDR 4K sekaligus. Ada juga perbaikan built-in AI mesin, yang disebutkan Intel akan menawarkan perbaikan khusus untuk panggilan video.

Dalam peluncuran chip baru tersebut, Intel juga mengumumkan laptop ‘Project Athena’, yang dibuat bersama dengan produsen menggunakan chip Tiger Lake yang dinamai ‘Intel Evo’. Proyek ini bertujuan meningkatkan kepercayaan konsumen pada klaim tentang sejumlah fitur, termasuk masa pakai baterai.

Baca Juga :  Samsung Electonics Luncurkan Produk BMF Smart Laundry