Riset Ini Sebut ShopeePay Jadi Dompet Digital Paling Favorit di Indonesia

Teletech – Bergesernya perilaku belanja masyarakat Indonesia berimbas pada peningkatan penggunaan alat pembayaran. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh MarkPlus berjudul Riset Pertumbuhan Dompet Digital di Masa Pandemi, penggunaan dompet digital untuk berbelanja semakin meningkat.

Rhesa Dwi Prabowo, Head of High Tech, Property & Consumer Goods Industry MarkPlus, Inc. menjelaskan perkembangan dompet digital di Indonesia terjadi sangat pesat dalam enam tahun terakhir. Dimulai pada tahun 2014, GoPay hadir sebagai pemain pertama dan berhasil bertahan hingga sekarang, Kemudian diikuti oleh LinkAja pada tahun 2015, OVO pada tahun 2017, dan pada 2018 ShopeePay dan Dana muncul sebagai pemain baru.

Di periode pasca pandemi, fenomena unik terjadi di lanskap persaingan pelaku dompet digital. Dari riset di atas, ShopeePay terlihat berhasil menguasai pangsa pasar dompet digital di Indonesia meskipun umurnya masih sangat muda.

Penyebabnya diperkirakan akibat tingginya akses belanja e-commerce selama masa pandemi. ShopeePay yang terhubung langsung sebagai alat pembayaran platform e-commerce Shopee seakan memiliki keuntungan besar.

“Peningkatan pengguna ShopeePay juga didorong dengan promosi yang ditawarkan jika pengguna Shopee melakukan pembayaran menggunakan dompet digitalnya. Integrasi yang kuat juga menjadi faktor pengguna ShopeePay di Indonesia,” jelas Rhesa.

Dalam riset tersebut, ShopeePay tumbuh pesat di angka 33%, mengungguli OVO yang hanya 27%, GoPay 25%, Dana 14% dan LinkAja 2%. Sementara itu, 25% responden mempercayai OVO dan GoPay sebagai layanan dompet digital. Angka ini disusul tipis oleh ShopeePay di angka 23% dalam aspek kepercayaan masyarakat.

Lebih lanjut, ShopeePay juga menguasai pangsa pasar dompet digital di Indonesia dengan jumlah transaksi sebesar 26% pada paruh awal 2020.

“Dari jenis transaksi yang kami lihat, hal ini juga didukung dengan fitur-fitur e-commerce Shopee yang tidak hanya begerak di pembelanjaan daring, tapi juga layanan pembayaran pulsa dan taguhan utilitas secara daring. Bisa dibilang, Di umurnya yang masih muda, ShopeePay sudah bisa melayani pembayaran berbagai jenis kebutuhan dasar dalam satu platform yang berhasil membawa dompet digital ke puncak klasemen pasar pada awal tahun ini,” pungkasnya.

Baca Juga :  Gandeng Samsung Electronics, Shopee Mulai Perluas Pasar