Samsung Galaxy A51, Referensi Tools Untuk Fotografi dan Videografi

Teletech – Pada Juli lalu, Samsung kembali meluncurkan seri Galaxy A51 dalam varian warna terbaru yang disebut Haze Crush Silver. Mengusung tagline “Awesome is for Everyone”, smartphone ini hadir dengan desain stylish dan sangat terlihat kekinian. Smartphone ini juga hadir dengan fitur terbaru pada kameranya, yakni Pro Mode dan Single Take.

Desain

Bodinya juga memiliki efek diamond sehingga membuatnya terlihat kekinian. Pada bodi belakangnya juga tampil dengan desain doff, sehingga bodinya tidak gampang kotor karena bekas sidik jari.

Bukan hanya itu, Galaxy A51 juga terasa sangat ringan dan tipis ketika saya menggengamnya. Bagaimana tidak, smartphone ini hanya memiliki bobot sekitar 172 gram dan berdimensi 158,5 x 73,6 x 7,9mm. Terlebih lagi bodinya tidak terasa licin saat digenggam, menjadikan smartphone ini lebih nyaman untuk digenggam dalam waktu lama.

Pada bagian belakang bodinya juga terdapat konfigurasi empat kamera yang dilengkapi LED flash. Kamera belakang ini diposisikan layaknya huruf L dan terletak di sisi kiri atas bodi. Sedangkan di bagian kanan bodi terdapat tombol volume dan power. Di bagian kanan bodi terdapat slot untuk dua kartu SIM dan kartu microSD.

Beralih ke bagian depan, smartphone ini menampilkan layar Super AMOLED 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400). Layarnya juga tampil dengan Infinity-O Display yang menempatkan kamera beresolusi 32MP dengan aperture f2.2, dan memiliki speaker yang berada di atas kamera selfie. Kemudian di bagian bawahnya terdapat speaker, jack audio 3,5mm, dan USB Type-C untuk mengisi daya baterainya.

Performa

Sama seperti varian warna sebelumnya, Galaxy A51 varian Haze Crush Silver ditenagai chipset Exynos 9611. Smartphone ini juga dibekali dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Ruang penyimpanan tersebut juga dapat diperluas menggunakan kartu microSD hingga 512GB. Oh iya, Galaxy A51 juga telah menjalankan sistem operasi Android 10 dengan interface One UI 2.0.

Baca Juga :  ASUS Proart StudioBook Pro 17 Untuk Desainer dan Fotografer

Dengan spesifikasi Galaxy A51 untuk penggunaan berbagai aplikasi. Termasuk menggunakan media sosial, menonton video atau mendengarkan lagu, bermain game, hingga selfie cukup mumpuni karena menggunakan beragam aplikasi benchmark, seperti Geekbench 5, 3DMark, dan PCMark.

Sedangkan dalam Sling Shot Extreme, smartphone ini berhasil menghasilkan skor 1546 dalam OpenGL ES 3.1, skor 1611 dalam Unlimited OpenGL ES 3.1, dan skor 1503 dalam Vulkan. Tak ketinggalan, dalam pengujian menggunakan PCMark berhasil memperoleh skor 5048. Sementara dalam pengujian baterainya mampu bertahan selama 12 jam 54 menit.

Smartphone ini juga bisa diandalkan untuk bermain game berat seperti PUBG Mobile. Di mana saat smartphone ini mampu menyajikan game dalam frame rate High.

Kamera

Berbicara kamera, Galaxy A51 menyajikan empat kamera belakang yang memiliki resolusi utama 48MP dengan aperture f2.0, depth camera 5MP, macro camera 5MP, dan ultra-wide camera 12MP. Kamera belakangnya juga dilengkapi dengan LED flash untuk menunjang pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya. Sedangkan pada kamera depannya dibekali resolusi 32MP dengan aperture f2.2.

Kamera Galaxy A51 mampu menghasilkan gambar yang cukup apik. Ini juga ditunjang dengan berbagai macam fitur untuk memaksimalkan kreatifitas penggunanya dalam mengambil gambar. Termasuk dua fitur terbaru yang hadir di smartphone ini, yakni Pro Mode dan Single Take.

Saat menggunakan fitur Pro Mode, smartphone mampu membuat objek gambar terlihat lebih fokus karena background akan secara otomatis diblur secara rapi. Terlebih lagi gambarnya juga terlihat tetap detail meski saya memperbesar gambarnya, serta gambar juga terlihat minim noise. Dalam fitur Pro Mode ini smartphone memungkinkan untuk mengatur eksposur, white balance, fokus, aperture dan shutter, serta ISO.

Baca Juga :  Huawei Nova 7, Setingkat Diatas Nova 5T Yang Meluncur Tahun Lalu

Kemudian beralih ke fitur Single Take, yang memungkinkan mengambil foto sekaligus video dalam sekali jepret foto. Jadi fitur ini akan memilih satu foto yang paling baik serta satu foto dengan mode hitam putih, beserta menghasilkan beragam variasi video seperti original, boomerang, dan fast forward.

Fitur ini sangat memudahkan dalam mengambil gambar, terutama untuk tujuan posting update ke media sosial. Jadi tidak perlu lagi repot mengambil gambar berkali-kali dengan cara manual. Ditambah lagi hasil gambar dan video yang dihasilkan dari fitur Single Take ini terbilang cukup apik, meski saya lebih menyukai hasil gambar dari fitur Pro Mode.

Untuk selfie, fitur Beauty cukup dapat menghasilkan foto selfie saya menjadi lebih kece. Terlebih lagi fitur Beauty-nya bersama dengan fitur efek warna, yang membuat gambar selfie menjadi lebih unik.

Kamera selfie smartphone ini juga mampu menghasilkan gambar yang cukup detail dan sedikit noise di pengambilan dalam ruangan. Tak hanya di kamera belakang, juga bisa menggunakan fitur Single Take menggunakan kamera depan. Tentunya fitur ini akan memudahkan dalam pengambilan foto selfie.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy A51 varian Haze Crush Silver tampil dengan desain yang terlihat stylish dan kece. Tak hanya desain, kamera belakang maupun depan juga cukup menunjang untuk menghasilkan gambar yang bagus. Pengambilan gambar ini juga dipermudah dengan hadirnya fitur Single Take, yang akan mengambil foto sekaligus video dalam sekali menjepret foto. Jadi Samsung Galaxy A51 ini cocok untuk pengguna muda yang stylish dan gemar fotografi dan videografi.