Beda Tipis Harga Oppo F7 Dengan Vivo V9! Beli Yang Mana?

Teletech – Berikut perbandiingan dua smartphone pertama di Indonesia yang hadir dengan poni. Ya, keduanya adalah Oppo F7 dan Vivo V9. Bila kalian harus memilih, mana yang akan kalian beli? Temukan jawabannya dalam perbandingan di bawah ini.

Perbandingan spesifikasi, Oppo F7 vs Vivo V9

Mari kita lihat desainnya lebih dahulu. Seperti yang disebutkan di atas, baik Oppo F7 maupun Vivo V9 sama-sama memiliki poni di sisi depan, membuatnya terlihat seperti iPhone X. Bagaimana dengan sisi belakangnya? Selain sensor pemindai sidik jari yang berada tepat di sebelah atas tiap merek, terdapat pula kamera belakang yang ditemani LED flash. Pada Oppo F7, LED flash terletak di sebelah kanan kamera. Di sisi lain, Vivo V9 memiliki kamera belakang ganda yang disusun vertikal dengan LED flash tepat di bawahnya. Bila kalian mencari smartphone dengan tampilan paling mirip dengan iPhone X, Vivo V9 adalah jawabannya.

Beralih ke sektor performa, Oppo F7 diperkuat chipset Helio P60 yang lebih tangguh dari chipset Helio P23 yang menjadi otak dari Oppo F5. Di sisi lain, cukup disayangkan Vivo V9 masih mengandalkan chipset Snapdragon 450 yang memperkuat Vivo V7. Secara sekilas, Oppo F7 menawarkan performa yang lebih baik. Meski demikian, tiap chipset dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (didukung slot kartu microSD).

Sistem operasi yang dijalankannya Android 8.1 Oreo dengan antarmuka berbeda dari tiap merek: ColorOS 5.0 (Oppo) vs Funtouch OS 4.0 (Vivo).

Mari kita beralih ke sektor kamera. Keduanya sama-sama ditujukan untuk kalian penggemar berfoto selfie. Kamera depan Oppo F7 beresolusi 25 MP, sedangkan kamera depan Vivo V9 beresolusi 24 MP. Resolusi kamera depan keduanya di atas rata-rata smartphone pada umumnya. Kualitas fotonya berimbang. Sementara itu, kamera belakang 16 MP (f/1.8) milik Oppo F7 tampaknya sedikit lebih unggul dari kamera belakang ganda (13 MP + 2 MP) milik Vivo V9. Untuk melihat foto, Oppo F7 menyediakan layar 6,23 inci, sedangkan Vivo V9 menyediakan layar 6,3 inci.

Baca Juga:   Tembus AS, Motorola Android One Dibanderol Rp6 Juta

Resolusi layar keduanya 1080 x 2160 piksel (Full HD+). Yang terakhir terkait sumber energi. Oppo F7 dibekali baterai 3400 mAh, sedikit lebih besar dari baterai 3260 mAh milik pesaingnya.

Harga, Oppo F7 vs Vivo V9

Oppo F7 dijual dengan harga Rp 4,2 juta, sedangkan harga Vivo V9 adalah Rp 4 juta. Ya, harga keduanya berbeda tipis. Meski lebih mahal, Oppo F7 menawarkan performa lebih tangguh, kamera lebih impresif, serta baterai lebih besar. Menurut kami, Oppo F7 lebih layak untuk dibeli. Bagaimana menurut kalian?