Teletech

Technology News Feed

Indocomtech 2013 Sambut Masa Depan Industri ICT Indonesia



Dari kiri-kanan : Bambang Setiawan selaku COO Dyandra Promosindo, Muhammad Ali selaku Corporate Secretary Bank BRI, Rudi Rusdiah selaku Anggota Dewan Pembina Yayasan Apkomindo, Syukri Batubara selaku Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika – Departemen Komunikasi dan Informatika RI

Pembukaan Indocomtech 2013 sudah resmi dibuka sejak Rabu kemarin (30/10). Melalui event ini, Anda bisa melihat berbagai pameran gadget dan juga berbelanja gadget dengan harga promosi dari masing-masing brand. Beberapa pihak media mendapat press release dari pihak penyelenggara yaitu Dyandra Promosindo, Telegraf akan membagikan press release tersebut di bawah ini.

Indocomtech 2013 Sambut Masa Depan Industri ICT Indonesia


Perkembangan Teknologi Informasi (TI) di Indonesia berkembang demikian pesat. Setiap saat muncul produk baru yang menggantikan atau melengkapi produk sebelumnya. Para produsen pun terus berusaha memenuhi ekspektasi pasar dengan mengeluarkan produk-produk yang semakin canggih dan multi guna. 

Jakarta sebagai barometer perkembangan TI Indonesia hari ini secara resmi menghadirkan pameran yang banyak dinanti oleh para penggemar TI dan gadget, Indocomtech 2013. Mengambil tempat di Jakarta Convention Center, pameran yang akan berlangsung mulai 30 Oktober hingga 3 November ini dibanjiri oleh berbagai produk dan inovasi terbaru yang dibawa oleh para peserta pameran.

Potensi pasar yang besar menjadi salah satu daya tarik utama Indonesia bagi para produsen gadget global. International Data Center (IDC) Indonesia mengestimasi pembelanjaan TI di Indonesia mencapai US$ 14,7 miliar, atau naik 13,2% dibandingkan tahun lalu atau bahkan lebih bergantung pada kondisi ekonomi. Sejalan dengan IDC, Business Monitor International (BMI) menyatakan bahwa pasar TI Indonesia masih cukup menjanjikan, dengan pasar ritel sebagai salah satu pendorong utama pertumbuhan. Industri TI di kota-kotalain di luar Jawa dan Bali,  juga diprediksi mengalami pertumbuhan positif dan memberikan kontribusi pada perkembangan pasar TI.

Pembelanjaan TI tahun ini lebih banyak untuk produk hardware dan teknologi baru, Penjualan hardware komputer tahun ini diperkirakan mencapai Rp44,7 triliun di tahun 2013 dan pada 2017, nilainya akan mencapai Rp63,7 triliun. Sementara itu, penjualan software tahun ini diproyeksikan menyentuh angka Rp7,6 triliun dan pada 2017, nilainya akan mencapai Rp12,7 triliun. Layanan ITdiprediksi mencapai Rp10,7 triliun pada 2013 dan naik menjadi Rp16,7 triliun pada 2017.

Penetrasi perangkat mobile di Indonesia saat ini berkembang dengan cepat. Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh eMarketers, diperkirakan penetrasi mobile di tahun 2013 akan mencapai 64% dari total populasi penduduk Indonesia. Data Kementerian Komunikasi dan Informatika memperlihatkan jumlah telepon selular yang beredar di Indonesia telah mencapai 220 juta.Konektivitas di setiap aspek kehidupan masyarakat telah menjadi hal yang begitu penting hingga menjadi penyebab utama angkapenetrasi telepon selular yang tinggi di Indonesia, dan angka tersebut diperkirakan akan terus bertumbuh seiring meningkatnya penjualan perangkat bergerak seperti tablet, smartphone dan lain-lain.

Jembatan Menuju Kehidupan Masa Depan

Peran penting konektivitas yang didukung oleh berbagai perangkat TI di masyarakat modern Indonesia saat ini tentu membuka peluang yang sangat menjanjikan bagi para pemain di Industri TI saat ini, para vendor berlomba memberikan kombinasi fitur terkini dan juga style yang dicari para penggunanya dan Indocomtech yang merupakan pameran TI terbesar di Indonesia ini masih menjadi pilihan para pemain ternama maupun pemain baru produsen dan vendor TI maupun industri pendukung untuk memperkenalkan, mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya.

Pameran yang digelar oleh Yayasan Apkomindo & Dyandra Promosindo ini diharapkan akan menarik ribuan pengunjung dalam lima hari penyelenggaraannya. “Sebagai salah satu barometer perkembangan industri dan teknologi  Information and Communication Technology (ICT) di Indonesia, pameran ini akan menghadirkan berbagai teknologi dan fitur terkini dalam berbagai perangkat TI,” ujar Rudi Rusdiah, Dewan Pembina Yayasan Apkomindo, dalam sambutannya pada pembukaan Indocomtech (30/10). Ia juga menambahkan bahwa pameran kali ini juga akan memperkenalkan beberapa pemain baru industri TI Indonesia dengan berbagaigadget unggulannnya untuk pasar Indonesia. Pameran Indocomtech yang tahun ini memasuki tahun penyelenggaran ke-21 akan diikuti oleh berbagai perusahaan ternama di industri ICT seperti Acer, Dell, HP, Sony, Toshiba, Intel dan berbagai merek lainnya, termasuk industri pendukung ICT seperti aksesoris dan lain-lain. Seluruh peserta akan menempati ruangan Hall A, Hall B, HallCendrawasih dan area Main Lobby Jakarta Convention Center.

Jika di tahun lalu pameran Indocomtech mengambil tema “Connect to the Future” yang memberikan sarana bagi para pelaku dan penikmat teknologi ICT untuk terhubung ke masa depan. Di tahun ini Indocomtech melanjutkan perjalanan para pengunjungnya kemasa depan TI dengan tema “Live n The Future” yang mengajak para peserta dan pengunjung pameran untuk melihat dan merasakan dunia masa depan di saat ini melalui berbagai produk dan teknologi yang ditampilkan. Indocomtech 2013 “Live In The Future” menjadi jembatan yang memungkinkan generasi masa kini untuk melangkah ke masa depan dan merasakan kehidupan masa depan melalui kecanggihan ICT.

Pameran ini juga menjadi wadah yang tepat bagi para produsen dan pemain ICT baik lokal maupun global untuk menggelar berbagai kegiatan promosi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen untuk mendapatkan masukan terkait produk mereka. Para pelaku industri ICT dipastikan akan memberikan program promosi yang memikat mengingat Indocomtech 2013 adalah pameran ICT terakhir di tahun ini.

Salah satu program baru yang akan menjadi daya tarik utama pameran tahun ini adalah program Super Auction. bekerjasama dengan Intel Indonesia,  Super Auction menawarkan ratusan laptop dan smartphones berbasis prosesor Intel dengan harga super murah lewat lelang. Kegiatan ini diadakan setiap hari dengan waktu yang berbeda-beda sehingga pengunjung diharapkan siap di area pameran sebelum program lelang berlangsung. Bila beruntung, pengunjung bisa membawa pulang produk komputer ternama  berbasis prosesor Intel dengan harga jauh di bawah harga normal. Program ini tentu sangat sayang bila dilewatkan. “Intel Indonesia bersama Indocomtech 2013 mempersembahkan Super Auction dimana pada waktu-waktu tertentu akan diadakan program lelang untuk produk komputer berbasis prosesor Intel mulai dari laptop, tablet dan smartphone ” kata Hermawan Sutanto, Marketing Director Intel Indonesia 

“Kami akan memaksimalkan penyelenggaraan Indocomtech tahun ini dengan memberikan berbagai inovasi baru bagi peserta dan pengunjung pameran Indocomtech tahun ini,” terang Bambang Setiawan, COO Dyandra Promosindo yang menerangkan beberapa program dan fasilitas baru akan hadir di Indocomtech 2013, termasuk layanan shuttle bus gratis yang akan menjemput dan mengantarkan pengunjung ke area pameran.

Selain menampilkan produk-produk dan teknologi terbaru, Indocomtech 2013 juga akan menggelar acara apresiasi kepada 15 perusahaan yang telah mendukung perkembangan Indocomtech hingga pelaksanannya yang ke-21 tahun ini, Indocomtech Loyalty Award 2013. Merek yang menerima penghargaan Indocomtech 2013 antara lain Hewlett Packard Indonesia, PT. Epson Indonesia, PT. Pazia Pillar Mercycom, PT. Perdana Inti Putra, PT. Sony Indonesia, PT. Astrindo Senayasa, PT. Asus Indonesia, PT. Micronics Internusa,PT. Freshindo Marketama, PT. Surya Candra, PT. Zahir Internasional, PT. Datascrip, PT. Data Lima, CV. Syiar Multimedia, dan PT. Suryaniaga Lokalestari.

Indocomtech 2013-2

Pembukaan pameran Indocomtech 2013 pada tanggal (30/10) di Jakarta Convention Center (JCC)

BRI BRING 0% bagi Pengunjung

Penyelenggaraan pameran Indocomtech tahun ini mendapatkan dukungan penuh dari Bank Rakyat Indonesia yang menjadi sponsor utama pameran tahun ini. Dalam pameran kali ini BRI akan memberikan program BRING 0%, yaitu pemberian bunga 0% bagi setiap transaksi yang menggunakan kartu BRI pada pameran tahun ini. Proses cepat juga ditawarkan BRI, dengan proses 1 Day Approval para pengunjung yang bertransaksi di Indocomtech dengan menggunakan kartu BRI tidak perlu khawatir akan menunggu lama. Promo lainnya yang di berikan hanya bagi pengunjung yang bertransaksi menggunakan kartu BRI sepanjang pameran Indocomtech adalah kesempatan lebih banyak untuk memenangkan berbagai doorprize yang dipersiapkan panitia, tidak tanggung-tanggung kesempatan menang hingga 5x lebih banyak. Dengan berbagai keuntungan yang dipersiapkan Indocomtech 2013, tentunya menjadi daya tarik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

“Kehadiran kami dalam pameran ini adalah untuk mempermudah para pengunjung yang ingin mendapatkan gadget incaran mereka tanpa harus melalui proses yang sulit, cukup menggunakan kartu BRI, mereka bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan tanpa bunga plus kesempatan 5 kali lebih banyak untuk mendapatkan doorprize menarik,” ungkap Muhammad Ali, Corporate Secretary Bank BRI.

“Kali ini program Bank BRI dalam Indocomtech 2013 adalah BANJIR BONUS BANK BRI. Ada lucky dip bagi pengunjung yang bertransaksi menggunakan Kartu BRI (Kartu Kredit, Kartu Debit dan BRIZZI) di EDC BRI, juga ada Voucher Diskon Rp 1 juta bagi setiap pembukaan Tabungan BRI Britama dan registrasi BRI Mobile. Tidak cukup disitu, ada juga Program Triple Bonus BRIZZI dan juga berbagai macam penawaran istimewa bagi pemegang kartu BRIZZI,” jelas Ali lagi.

Dengan berbagai penawaran menarik yang digelar sepanjang pameran, Indocomtech 2013 diperkirakan akan menarik penikmat ICT yang tidak hanya berasal dari Jakarta tetapi juga dari berbagai daerah lain di sekitar Jakarta bahkan dari luar kota.