Instagram Bakal Adopsi Fitur Apple?


Melakukan inovasi dengan mengadopsi fitur kompetitor nampaknya menjadi taktik yang tepat bagi Instagram untuk bersaing di pasar. Meski fitur yang mereka luncurkan kerap “serupa” dengan kompetitor, seperti YouTube dan Snapchat, Instagram mampu menyulap fitur tersebut dengan berbagai perkembangan baru. Kini, Instagram bahkan meniru langkah fitur Apple, Screen Time.

Screen Time merupakan fitur dari Apple yang memungkinkan untuk mengukur berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menggunakan perangkat dalam sehari. Dilansir dari Phone Arena, Instagram dikabarkan akan bergerak ke arah yang sama.

Laporan berdasarkan kode APK di Android untuk aplikasi Instagram menyebutkan fitur tersebut akan bernama “User Insights”. Fitur ini ditujukan untuk menampilkan seberapa sering pengguna mengakses aplikasi dalam sehari.

Hampir serupa dengan fitur YouTube,- take a break reminder- Instagram akan memberi notifikasi jika pengguna telah menggunakan aplikasi dalam durasi waktu yang telah diatur. Melalui notifikasi ini, Instagram berharap dapat membantu pengguna untuk bijak dalam menggunakan Instagram.

Sebelumnya, popularitas “berinternet sehat” memang sudah digaungkan sejumlah perusahaan teknologi besar dunia, seperti Google. Hal ini dilakukan agar pengguna mengetahui batasan saat menggunakan internet di ponsel mereka, sekaligus menghindari kecanduan di ponsel.

Fitur ini direncanakan akan berada di laman profil berikut tautan untuk mengakses “User Insights”.


Baca Juga:   Aplikasi KAI Access Bentuk Transformasi Baru Layanan Kereta Api