Teletech

Technology News Feed

Jakarta Game Show 2013 Tunjukkan Potensi Industri Game Indonesia



Dari kiri-kanan : Bp. Luki selaku perwakilan Speedy, Bp. Franky selaku perwakilan dari AMD, Bp.Hendry Andrigo selaku Managing Director PT. Sinergi Promo Nusantara atau lebih dikenal sebagai Digitalife dan Ibu Sri Vista limbang selaku General Manager IT Division. Pameran Jakarta Game Show (JGS) dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober – 3 November 2013 siap memanjakan pecinta games di Jakarta.

Selain pameran Indocomtech 2013, saat ini di JCC (Jakarta Convention Center) juga sedang melakukan event Jakarta Game Show 2013. Event ini adalah event tahunan yang menunjukkan berbagai perkembangan terbaru di industri gaming Indonesia. Telegraf juga mendapat press release dari pihak penyelenggara yaitu Dyandra Promosindo dan Digital Life.


Anda bisa membaca hal terbaru dan apa yang ingin dicapai oleh pihak penyelenggara event Jakarta Game Show 2013 di bawah ini:

Jakarta Game Show 2013

Tunjukkan Potensi Industri Game Indonesia

Ajang yang menunjukkan berbagai perkembangan terbaru di industri gaming Indonesia, Jakarta GameShow (JGS) 2013 akan kembali berlangsung pada 30 Oktober-3 November 2013 di Jakarta Convention Center. Mengusung tema “Bring The Future Of Gaming” penyelenggaraan JGS tahun ini merupakan hasil kerjasama  Dyandra Promosindo dan Digitalife.

Bukan hanya sekadar pameran games, JGS menyasar tujuan yang lebih luas dengan berbagai programnya, termasuk  sebagai ajang yang membuka kesempatan bisnis dan pengembangan industri permainan elektronik di Indonesia kedepanya lewat program Game Showcase (JGS 2013 Connection) yang akan melibatkan perusahan-perusahan yang mendukung perkembangan industri game secara keseluruhan yaitu perusahan telekomunikasi, lembaga pembayaran, media sosial serta produsen software dan hardware TI. Akan diselenggarakan juga diskusi yang akan membahas tentang perkembangan games, lewat program Game Developers Conference yang melibatkan para pemerhati game, industriawan game dan  lingkup universitas. Dengan berbagai program unggulannya, JGS 2013 dipersiapkan bagi para Game Training Professionals, Games Industry, Game Developers, Games Publishers, Game Technology Professionals, Government Agencies & Trade Embassies, Student Game Developers & Cross-Over Talents.

Pameran Game & Digital Media di JGS 2013 sendiri akan menghadirkan perusahan-perusahan pemegang hak distribusi game onlinedi Indonesia seperti PT. MP Games / Maingames. PT. Megaxus, PT. WaveGame, PT. Garena, dan puluhan lagi publisher game online. Tidak hanya itu panitia juga akan menghadirkan berbagai turnamen game online bersekala nasional dan internasional yang menarik bagi para gamers Indonesia.

Liga Game Online Terbesar di Indonesia

Salah satu fokus di JGS 2013 yang digodok panitia bersama Dyandra Promosindo dan Digitalife adalah untuk menghadirkan liga-ligagame online terbesar di Indonesia yang berorentasi internasional. “Selain memberikan ruang bagi pengembang lokal untuk menunjukkan potensinya, bekerjasama dengan Digitalife, penyelenggaraan JGS tahun ini juga kembali akan dimeriahkan dengan berbagai kompetisi Internasional yang pastinya akan sangat seru,” Ungkap Sri Vista Limbong, General Manager IT Division Dyandra Promosindo dalam sambutannya di acara Press Conference JGS 2013 yang berlangsung hari ini (30/10).

Pihak Digitalife yang di wakili oleh Hendri Andrigo, selaku Direktur Digitalife dalam sambutannya menjelaskan bahwa beberapa rangkaian kompetisi liga game online internasional. “Pada JGS 2013 akan hadir tidak hanya satu, melainkan 2 rangkaian liga game online internasional,” tuturnya.

Dua rangkaian liga game online internasional tersebut adalah:

1. Indonesia Esport Super League (IESL) merupakan Pro Liga dari Digitalife, liga ini bergabung dengan liga terbesar di Asia yaituAsian Cyber Game (ACG) 2013 di Singapura, mempertandingan eSport Game legendaris yaitu DoTA2. Telah berlangsung dari masa musim kedua kualifikasi dari bulan Juni sampai dengan September 2013 di 4 lokasi pusat perbelanjaan elite di Jakarta dan Tangerang  yaitu mal@Alam Sutera, Balekota Mall, Tangcity Mall dan terakhir di Mall Mangga Dua Square. Pro-Liga ini diliput oleh media massa khususnya media game dan lifestyle di Indonesia dan melibatkan ratusan Dota2 team (1 tim terdiri atas 5 orang). Rangkaian kompetisi yang berat ini harus dilalui untuk mencari “Best Of The Best DoTa2 Team” yaitu team yang akan mewakili Indonesia ini di ajang eSport Competition Asian Cyber Game melawan wakil dari 9 negara lainnya seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Philipina, Brunai, Korea Selatan dan India.

2. Digitalife selain itu juga menggandeng 2 publisher internasional game online di Indonesia. Tujuan penyelenggaraan kualifikasi final nasional di arena Jakarta Game Show 2013 ini untuk meningkatkan bobot kuaitas game show,  mereka adalah sebagai berikut 

o   Digitalife menggandeng Garena, publisher ini sebagai salah satu publisher online game  multi national company terkemuka di Asia dengan salah satu kompetisi nasional berkelanjutan terbesarnya yaituIndonesia Heroes Of Newearth National Championship(IHNC). Dengan 12 tim hasil kualifikasi seluruh kota besar di Indonesia yang akan dicari pemenang musim kompetisi kedua ini. Pemenang akan dikirim mewakili Indonesia untuk kejuaran internasional  yaitu Garena Star League (GSL) 2014 di Bangkok-Thailand.

o   Digitalife juga mengadeng salah satu publisher nasional besar di Indonesia yaitu Megaxus dengan game legendanya Counter Strike. Kejuaraan Counter Strike Online World Championship kualifikasi final Indonesia dengan 16 tim terbaik untuk menghasilkan 1 tim yang terhebat dari yang terbaik di Indonesia dan akan menjadi perwakilan Indonesia dalam Counter Strike Online World Championship FinalShanghai-China.

Selain permainan elektronik pada Jakarta Game Show tahun ini juga akan diramaikan oleh kegiatan “FUN” lainya seperti Trick Art, tehnik lukisan gambar 3D yang sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat, Trick Art itu sendiri dan akan dipajang pada pameran Jakarta Game Show 2013.

Pada Jakarta Game Show 2013 inipun juga akan tetap diramaikan oleh penampilan cosplay yang beraneka ragam dan berpenampilan unik layaknya seperti animasi pada game anime. Tema yang akan diambil nanti pada acara cosplay bertemakan mengenai animasigame, dimana para pencinta cosplay yang menggunakan busana lalu mempertunjukan atraksi kebolehan mereka diatas panggung. Cosplay yang paling menarik berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dan kenang-kenangan dari pihak organizer.

Masuk ke area lorong selasar pada planery hall juga akan hadir playground untuk anak-anak, pengunjung Jakarta game show membawa keluarga mereka dan memiliki anak berusia dibawah 10 tahun dapat mengajak anak-anak mereka untuk bermain sejenak didalam playground tersebut. Selain taman bermain, panitia juga mengadakan lomba mewarnai yang akan dilaksanakan pada hari minggu, lomba mewarnai ini akan diikuti oleh sejumlah anak-anak SD yang merebutkan piala, uang tunai dan berbagai hadiah lainnya.

Indonesia Tekken battle, komunitas yang akan diselenggarakan oleh advance guard ini juga akan menjadi salah satu acara yang akan ikut meramaikan dalam Pameran Jakarta Game Show 2013 nanti. Memiliki konsep battle dan fighting advance guard kali ini juga akan melakukan kegiatan coaching clinic dan workshop bagi para komunitas game dan juga para pengunjung Jakarta Game Show 2013. Selain itu, advance guard juga membuat sebuah kompetisi nasional yang bersifat battle tekken yang akan memperebutkan sejumlah hadiah menaarik. Acara yang bergengsi ini akan diikuti oleh sejumlah komunitas-komunitas para pencinta game yang berbau battlegame.

Dukungan Penuh Para Sponsor

Pada penyelenggaraannya yang ke-tiga kalinya di tahun 2013 ini, JGS juga menggandeng beberapa pihak sponsor yakni AMD, LG dan juga Speedy yang mendukung penuh pameran JGS 2013.

Speedy sebagai salah satu produk PT.Telkom Indonesia dengan tagline True Broadband hadir dengan layanan yang stabil dan handal yang sesuai dengan kebutuhan para Gamers khususnya untuk games online. Dengan tingkat kestabilan dan kehandalan yang semakin baik dari akses Speedy diharapkan para Gamers dapat berkompetisi dengan sangat nyaman serta benar-benar dapat melahirkan pemenang sejati yang berkualitas international dan menjadi kebanggaan nasional,” Ujar bapak Mustakim Wahyudi, Brand Communication & Activation, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Pada kesempatan ini pula, Telkom juga hadir melalui produk Indonesia Digital Home atau INDIHome yang merupakan produk bundling yang terdiri dari telepon rumah, akses internet speedy dan juga UseeTV Cable disamping produk value added lainnya seperti Melodin Online (Melon), Home Monitoring dan Home Automation. Para gamers dan pengunjung lainnya yang hadir pada Jakarta Game Show 2013 ini diberi kesempatan untuk dapat merasakan produk dan layanan INDIHome yang dihadirkan dalam bentuk “Digital Home Experience”. “Telkom berharap event JGS 2013 ini dapat menunjukan kontribusi Telkom kepada bangsa Indonesia khususnya komunitas Gamers Indonesia dan juga dapat memperkenalkan berbagai produk dan layanan Telkom terkini yang sesuai dengan lifestyle masyarakat modern,”  lanjut bapak Mustakim.

Sementara AMD yang diwakili oleh Jenny Susanto, Country Manager AMD untuk Indonesia  menyetakan bahwa kehadiran AMD pada JGS 2013 bertujuan untuk mendukung para gamers menjadi yang terbaik. “Kegiatan Jakarta Game Show 2013 bukan hanya merupakan ajang bertemunya para gamer untuk menguji ketangkasan mereka dalam memainkan berbagai game terkini, tetapi lebih membawa misi untuk mendukung liga game online lokal berorientasi internasional. Oleh karena itu AMD di Indonesia selalu berusaha  mendukung penuh kegiatan ini dengan menghadirkan kualitas teknologi terbaik dalam mendukung para Gamer dalam permainan mereka, tutur Jenny dalam sambutannya.

Saat ini kualitas AMD Radeon™ yang telah digunakan 3 konsole gaming terkemuka di dunia tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi dalam memberikan pengalaman grafis terbaik bagi para gamer, Kualitas serupa juga sudah dapat dinikmati di dalam teknologi AMD APU yang telah menggabungkan kemampuan CPU dan GPU dalam 1 chipset tersebut. Keunggulan ini tentunya memberikan nilai tersendiri bagi para gamer yang membutuhkan kinerja grafis terbaik dan nilai yang terjangkau. Untuk kalangan gamer yang membutuhkan kualitas lebih juga tentunya masih bisa menambahkan discrete kartu grafis AMD Radeon™ yang dapat bekerja bersama dengan AMD APU yang lebih dikenal dengan teknologi Dual Graphics. Komitmen menghadirkan teknologi terbaik bagi para gamer kembali dihadirkan juga oleh AMD dengan produk terbaru kartu grafis AMD Radeon™ R7, R8 dan R9 series yang terbaru yang telah berbasiskan arsitektur Graphics Core Next (GCN). Dengan dukungan teknologi Mantle yang diadopsi oleh kartu grafis AMD Radeon R7 Series, para gamers tentunya dapat menikmati pengalaman bermain game dengan kualitas audio dan visual yang prima, lanjut Jenny Susanto lagi

Pada kesempatann yang sama brand ternama LG juga tidak ketinggalan menyatakan kesiapannya mendukung jalannnya pameran JGS 2013. “LG merupakan brand monitor No.1 di Indonesia mendukung penuh event JGS ini. Lewat event ini LG menampilkan varian terkini SUPER IPS Monitor yang memberikan kenyaman visual bagi gamers dalam bermain game. Kedepan LG Sentiasa secara berkelanjutan menciptakan inovasi produk yang tidak hanya unggul dari segi features dan teknologi tapi juga memberikan aspek kenyamanan dari sisi visual bagi end user dalam menggunakan produk monitor LG,” kata Susanto, Product Manager IT LG Electronics Indonesia.

Acara JGS 2013 didukung penuh oleh para partner seperti :  Speedy, LG Led Monitor, AMD, Power Color, JW,Western Digital,Midas Force,Delux,Logitech G, Alienware, Gigabyte dan Gudang Voucher.