Teletech

Technology News Feed

penjualan GPU NVIDIA meroket di awal 2021




Dalam sebuah hasil analisis terbaru dari Jon Peddie Research, NVIDIA masih memimpin pangsa pasar GPU global, penjualan GPU meroket di awal 2021.

NVIDIA kembali menguasai pasar GPU secara global pada awal 2021 ini. Selain itu, dikabarkan juga pengiriman GPU di kuartal pertama 2021 ini mengalami peningkatan yang sangat drastis jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sebuah analisis baru dari Jon Peddie Research (JPR) baru saja mengungkapkan bahwa NVIDIA masih memimpin pasar GPU secara umum. Mereka berhasil mengumpulkan 68,18 persen dari total pengiriman GPU di Q1 2021.

AMD berada di posisi kedua dengan perbedaan yang cukup jauh. Hal ini dikarenakan AMD hanya memiliki total pangsa pasar sebesar 16,65 persen. NVIDIA dan AMD mengalami penurunan pangsa pasar jika dibandingkan Q4 2020

Di posisi ketiga dimana merupakan posisi terakhir, terdapat Intel dengan 15,17 persen. Tapi, mereka berhasil meningkatkan pangsa pasar mereka dibanding Q4 2020 dikarenakan hadirnya prosesor Intel baru dengan Intel Iris Xe. GPU ini memiliki performa yang tinggi jika dibandingkan pendahulunya.

Sementara itu, jika berbicara mengenai pangsa pasar GPU diskrit, NVIDIA juga masih memimpin dengan total 81 persen. AMD berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 19 persen.

Intel di sisi lain masih belum memiliki andil dalam pasar tersebut. Namun, dengan kehadiran Intel Xe-HPG DG2 di awal 2022 mendatang, diharapkan Intel akan dapat memberikan persaingan untuk NVIDIA.

Dan berbicara mengenai pengiriman GPU di awal 2021 ini, mereka melihat adanya peningkatan yang cukup tinggi. Hal ini membuat mereka khawatir para pembuat chipset untuk membuat chipset dengan jumlah yang banyak di kemudian hari.

“Risikonya adalah pemasok semikonduktor akan terpikat ke reaksi berlebihan dan percaya bahwa tiba-tiba 100 juta pengguna baru muncul dan permintaan akan tetap tinggi. Itu tidak hanya tidak realistis, itu juga tidak benar. Dari mana mereka berasal? Bukan planet ini?” kata Presiden JPR Jon Peddie, seperti dikutip dari Hothardware (9/6).

Mereka mengatakan, pengiriman GPU secara keseluruhan membengkak hampir 35 persen selama Q1 2021 dibandingkan dengan Q1 2020. Tentu saja, ini merupakan sebuah hal yang mengejutkan.

Tapi, jika dibandingkan dengan pengiriman GPU di Q4 2020, angkanya tidak mengagumkan. Soalnya, JPR mengatakan adanya penurunan sekitar 0,3 persen yang merupakan hasil yang mengecewakan.





Source link