Teletech

Technology News Feed

Samsung Umumkan Sensor Kamera ISOCELL JN1 dengan Resolusi 50 MP



Samsung memperkenalkan sensor kamera terbarunya yang diberi nama ISOCELL JN1. Mengusung resolusi 50 megapixel, sensor ini siap memfasilitasi kebutuhan fotografi untuk berbagai smartphone mulai dari kelas menengah hingga flagship.

Spesifikasi Samsung ISOCELL JN1

Samsung ISOCELL JN1 memiliki single pixel yang hanya 0.64 mikron saja, dan disebut sebagai yang paling kecil dari yang pernah dibuat oleh Samsung. Ukuran sensor secara keseluruhan sendiri sebesar 1/2.76″.

Sensor ini menggunakan teknologi ISOCELL 2.0 yang dikenal mampu meminimalisir ‘optical loss’ dan memberikan peningkatan yang signifikan soal sensitivitas terhadap cahaya. Peningkatan tersebut juga akan membantu sensor kamera dengan pixel yang lebih kecil untuk mampu menyerap cahaya lebih banyak.

Hasilnya, sensor gambar dapat mengemas lebih banyak piksel untuk menciptakan detail yang lebih halus tanpa harus mengorbankan reproduksi warna yang vivid. Teknologi ISOCELL 2.0 akan mengisolasi setiap pixel dengan penghalang fisik, yang berfungsi mengurangi cahaya yang menyeberang dan berpengaruh pada pixel terdekat di sekitarnya.

Samsung ISOCELL JN1 juga datang dengan teknologi Tetrapixel yang akan menggabungkan empat pixel menjadi satu pixel besar berukuran 1.28 mikron, untuk menghasilkan gambar dengan resolusi 12.5 MP yang minim noise. Teknologi ini juga memungkinkan real-time HDR dengan dua exposure yang ditangkap secara bersamaan.

Ada pula Double Super PD yang merupakan versi upgrade dari teknologi phase-detection focus, dan diklaim mampu mengunci fokus lebih cepat serta lebih akurat. Samsung ISOCELL JN1 juga dapat merekam video hingga resolusi 4K di 60fps atau 1080p di 240fps.

Jadwal rilis Samsung ISOCELL JN1

Menurut Samsung, sensor ISOCELL JN1 saat ini sudah masuk tahap produksi. Itu artinya besar kemungkinan smartphone pertama yang mengusung sensor tersebut hadir dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. Sayangnya belum ada informasi smartphone apa yang dimaksud dan kapan jadwal peluncurannya.



Source link